Balas Budi, Pemkab Banjar Berangkatkan Relawan Dan Bantuan Untuk Bantu Penanganan Banjir Katingan

Bantuan korban musibah banjir

Balas Budi, Pemkab Banjar Berangkatkan Relawan Dan Bantuan Untuk Bantu Penanganan Banjir Katingan

TERAS7.COM – Banjir Katingan berlangsung sejak 19 Agustus hingga saat ini sudah terjadi selama 20 hari, dimana sebanyak 13 kecamatan dan 67 desa terendam dengan total korban terdampak sebanyak 16.130 jiwa dan 13.013 Kepala Keluarga.

Perasaan duka akibat musibah banjir pernah dirasakan warga Kabupaten Banjar membuat Pemerintah Kabupaten Banjar turun untuk membantu membantu warga di Kabupaten Katingan Provinsi Kalimantan Tengah saat ini sedang dilanda banjir besar.

Hal ini dilakukan dengan memberangkatkan rombongan relawan dari Pemerintah Kabupaten Banjar beserta bantuan barang dan dana pada Jumat (10/9/2021).

Pemberangkatan rombongan relawan dan armada bantuan logistik ini sendiri dilepas langsung oleh Bupati Banjar, Saidi Mansyur di halaman Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banjar.

Saidi Mansyur mengatakan bantuan ini merupakan aksi solidaritas kemanusiaan pada warga Kabupaten Katingan yang dikoordinir oleh Pemerintah Kabupaten Banjar.

“Ini merupakan bantuan bagi saudara-saudara kita di Kabupaten Katingan, dimana aksi peduli ini juga melibatkan rekan-rekan dari kecamatan, desa, organisasi kemasyarakatan dan unsur swasta dalam rangka untuk membantu meringankan masyarakat Kabupaten Katingan yang terdampak banjir,” katanya.

Bantuan logistik dan dana yang diberangkatkan ke Kabupaten Katingan sendiri merupakan bantuan sembako, obat-obatan, perlengkapan dapur umum hingga uang tunai sebesar 50 juta rupiah.

Bahkan terang Saidi Mansyur, Pemerintah Kecamatan beserta Polsek Martapura Barat, Koramil hingga Forum Pembakal se Martapura Barat berhasil menggalang bantuan sebesar 30 juta rupiah dalam bentuk sembako.

Foto 2 banjir

Forum Pimpinan Kecamatan Martapura Barat dan Forum Pembakal Martapura Barat berhasil menggalang bantuan untuk banjir Katingan sebesar 30 juta rupiah

“Bahkan mereka juga langsung mengantarkan sendiri, katanya aksi tersebut dilakukan rekan-rekan di Martapura Barat karena ingin membalas budi pada waktu kita kebanjiran. Mudah-mudahan ini bantuan bisa bermanfaat dan juga mengurangi beban bagi warga Kabupaten Katingan,” harapnya.

Sementara itu Kepala Pelaksana BPBD Banjar, Irwan Kumar mengungkapkan personil atau relawan yang diberangkatkan kali ini berjumlah 37 orang.

“Mereka terdiri dari 7 orang BPBD, 10 orang Dinas Sosial dan 20 orang perwakilan dari Kecamatan Martapura Barat. Mereka akan membawa bantuan berupa uang tunai, sembako, obat-obatan dan perlengkapan lain,” terangnya.

Bantuan tersebut berasal dari BPBD Kabupaten Banjar, Dinas Sosial Kabupaten Banjar dan bantuan barang dari Kecamatan Martapura Barat.

Sementara itu Pembakal Desa Penggalaman, Nur Ipansah mengatakan bantuan tersebut berhasil digalang pihaknya dalam waktu kurang lebih 24 jam.

Foto 3 banjir

Kepala Desa Penggalaman, Nur Ipansyah mengatakan masyarakat Martapura Barat tergerak untuk memberikan bantuan bagi korban Banjir Katingan, karena pada banjir di Kabupaten Banjar bantuan serupa juga sempat diberikan kepada mereka

“Kami tergerak memberikan bantuan karena masyarakat Martapura Barat merasa waktu kita terkena banjir kemarin, mereka juga membantu kita. Makanya masyarakat tergerak hatinya untuk membalas kebaikan ini,” terangnya.

Selain bantuan sembako dan obat-obatan, pihaknya lanjut Nur Ipansah juga berhasil mengumpulkan pakaian layak pakai untuk korban terdampak banjir.

“Mudahan bantuan kami ini dapat mengurangi penderitaan saudara kita yang kena musibah dan harapan kita mudah-mudahan dengan adanya bantuan ini, Kabupaten Banjar terlepas dari bahaya musibah banjir serupa dan pandemi Covid-19,” harapnya.

Pihaknya sendiri lanjut Nur Ipansah yang terdiri dari Camat Martapura Barat, Kapolsek Martapura Barat dan 13 Kepala Desa akan menuju lokasi banjir pada Jumat malam untuk menyalurkan bantuan langsung ke posko banjir yang ada di Kabupaten Katingan.

Balas Budi, Pemkab Banjar Berangkatkan Relawan Dan Bantuan Untuk Bantu Penanganan Banjir Katingan

Tags :

Bantuan korban musibah banjir

Share :