Seribu Sembuh Serentak, Dinkes Optimis PPKM Banjarmasin Turun Level

Kesehatan Dunia WHO

BANJARMASIN – Ini kabar yang sangat baik. Dalam tiga hari, seribu lebih warga Banjarmasin yang terinfeksi COVID-19 dinyatakan sembuh.

Mengacu data Pemprov Kalsel, per tanggal 3 September lalu, tercatat 620 orang sembuh. Besoknya (4/9) angka kesembuhan bertambah 375 orang. Kemarin (5/9) bertambah lagi 185 orang.

Jumlah pasien yang dirawat pun menurun drastis. Mengacu data yang sama, hanya tersisa 45 pasien yang masih dirawat di rumah sakit rujukan COVID-19.

“Terjadi penurunan pasien yang banyak sekali,” kata Kepala Dinas Kesehatan Banjarmasin, Machli Riyadi kemarin (5/9)

Pada Sabtu (4/9) malam lalu, ia sempat mengunjungi Rumah Sakit Sultan Suriansyah di Jalan Rantauan Darat.

“Di sana, dari 125 tempat tidur yang disediakan di fasilitas covid, hanya enam tempat tidur yang terisi,” tambah Juru Bicara Satgas COVID-19 Banjarmasin itu.

Maka ia optimis status PPKM di Banjarmasin bisa turun level. Dari level 4 sampai level 2.

Rencananya, rapat evaluasi mingguan PPKM akan digelar hari ini (6/9). Bertepatan dengan berakhirnya PPKM level 4.

Betul, pemko tak memiliki kewenangan untuk menurunkan level. Tapi ia yakin, pusat juga memegang data yang sama. Machli sangsi PPKM level 4 bakal diperpanjang lagi.

“Model data pusat kami jadikan acuan, dikonversikan ke data daerah. Data kami bisa dipertanggungjawabkan,” pungkasnya.

Utara Sudah Menghijau

Di pengujung PPKM level 4, Polsek Banjarmasin Utara yakin, wilayah hukumnya sudah keluar dari zona merah penularan COVID-19.

Keyakinan itu diikuti razia prokes dan penyekatan yang kian gencar.

“Di Utara, boleh dikata sudah turun drastis. Dari zona merah, kini didominasi hijau dan kuning,” kata Kapolsek Banjarmasin Utara, Kompol Indra Agung Perdana Putra, kemarin (5/9).

Personelnya sendiri tergabung dalam pos PPKM di Bundaran Kayu Tangi. Pertemuan antara Jalan Hasan Basry, Jalan Perdagangan dan Jalan Adhyaksa.

“Di lapangan, anggota masih kerap menemukan pelanggaran. Contoh tak mengenakan masker,” bebernya.
Sementara itu, Kapolresta Kombes Pol Rachmat Hendrawan mengatakan, bukan hanya razia dan penyekatan, juga disalurkan bansos untuk membantu warga yang terdampak pandemi secara ekonomi.

“Lewat Polresta Peduli, sudah disalurkan 2.500 paket sembako. Begitu Polsek Banjarmasin Utara yang sudah membangun dapur umum dan membagikan 2.021 nasi bungkus di 10 kelurahan,” sebut Rachmat. (war/lan/fud)

https://kalsel.prokal.co/read/news/43460-seribu-sembuh-serentak-dinkes-optimis-ppkm-banjarmasin-turun-level.html

Tags :

Kesehatan Dunia WHO

Share :