Sidang Kasus Tuduhan Pemalsuan Ijazah, Supiansyah Darham Ajukan Nota Keberatan

Artikel Hukum

Terkait dengan kasus dugaan pemalsuan ijazah yang dituduhkan kepada seorang Kepala Desa di Kecamatan Mataraman, H Baderi yang kini bergulir di Pengadilan Negeri Martapura, Penasihan Hukum (PH) dari H Baderi yakni, Supiansyah Darham, SE.SH mengajukan eksepsi atau nota keberatan kepada hakim pada sidang, Selasa, (17/01/2023) di Pengadilan Negeri Martapura.

BANJAR, koranbanjar.net – PH H Baderi yakni, Supiansyah Darham, SE.SH mengajukan eksepsi (nota keberatan) secara resmi kepada hakim. Dalam pengajuan surat eksepsi, Supiansyah menyatakan keberatan terhadap isi dakwaan yang disampaikan Jaksa Penuntut Umum (JPU).

“Pengajuan Eksepsi yang kami buat ini, sama sekali tidak mengurangi rasa hormat kami kepada Jaksa Penuntut Umum yang sedang melaksanakan fungsi dan tugas. Pengajuan eksepsi ini tidak semata-mata mencari kesalahan dari dakwaan Jaksa Penuntut Umum ataupun menyanggah secara apriori dari materi ataupun formal dakwaan yang dibuat Jaksa Penuntut Umum. Namun ada hal yang sangat fundamental untuk dapat diketahui Hakim Yang Mulia dan saudara Jaksa Penuntut Umum demi tegaknya keadilan sebagaimana semboyan yang selalu kita junjung bersama selaku penegak hukum yakni Fiat Justitia Ruat Caelum,” kata Supiansyah.

Menurutnya lagi. pengajuan eksepsi ini bukan untuk memperlambat jalannya proses peradilan, namun eksepsi ini mempunyai makna serta tujuan sebagai penyeimbang dari surat dakwaan yang disusun dan dibacakan dalam sidang.

Berdasarkan surat dakwaan yang disusun Jaksa Penuntut Umum, dia menyebutkan, ada beberapa hal yang perlu ditanggapi secara seksama mengingat di dalam surat dakwaan tersebut terdapat berbagai kejanggalan dan ketidakjelasan yang menyebabkan kami mengajukan keberatan.

Setelah mempelajari surat dakwaan Penuntut Umum terhadap terdakwa dalam perkara a quo, maka sudah seharusnya surat dakwaan Penuntut Umum batal demi hukum berdasarkan alasan-alasan sebagai berikut

Surat Perintah Penyidikan (SPRINDIK) No. SP.Sidik/34/VI/2022/ RESKRIM Tertanggal 27  Juni 2022

Baca lengkap :

Sidang Kasus Tuduhan Pemalsuan Ijazah, Supiansyah Darham Ajukan Nota Keberatan

 

Tags :

Artikel Hukum

Share :