Oknum Kades Diduga Palsukan Ijazah: Kuasa Hukum Sebut tak Benar, ini Buktinya

Kuasa Hukum HBA, Supiansyah Darham. (Foto: Supriansyah untuk pojokbanua.com)

POJOKBANUA, MARTAPURA – Buntut tuduhan pemalsuan ijazah sekolah yang dilayangkan kepada terduga oknum Kepala Desa (Kades) Terpilih berinisial HBA di Kecamatan Mataraman, Kabupaten Banjar kini Kuasa Hukumnya, Supiansyah Darham menegaskan bahwa tuduhan terhadap kliennya itu tidak benar.

Hal itu disampaikan Supiansyah usai menjenguk kliennya yang ditahan di Polres Banjar dengan tuduhan dugaan pemalsuan ijazah.

Read More

”Klien kita ini memang benar bersekolah pada salah satu pondok pesantren (ponpes) di Martapura. Artinya, tidak mengarang-ngarang, lalu beliau minta surat keterangan dan memang telah diterbitkan oleh pihak sekolah langsung,” bebernya, Selasa (27/12/2022) siang.

Kata dia, surat keterangan tersebut telah diterbitkan sejak 12 Februari 2020. “Lalu yang menguatkan hal ini, ada keluar surat keterangan setara (pengganti ijazah) tingkat SLTP dari Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Banjar yang menyatakan bahwa HBA telah lulus bersekolah,” ungkapnya.

Adapun, bukti-bukti yang dimaksud antara lain Surat Pengganti Ijazah yang diterbitkan Ponpes Darussalam Martapura Nomor : BIII/010/SKIS.PPD/II.2020. Selain itu, bukti lain dari Kantor Kemenag Kabupaten Banjar berupa Surat Keterangan Setara Nomor : DJ.I/PP.00.7/940/2008 tanggal 29 Juli 2008 tentang Setingkat Lulusan Pondok Pesantren dan Pendidikan Diniyah.

“Jadi, tuduhan itu tidak benar. Klien kita ini memang betul-betul pernah sekolah hingga lulus di salah satu pondok pesantren di Martapura,” ucapnya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.